2017 Sekolah Swasta Mendominasi

joni p 03 Januari 2017 19:26:08 WIB

TANJUNG – Di Lombok Utara masih banyak sekolah yang memiliki fasilitas minim. Hal ini diungkapkan oleh Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar setelah mengunjungi beberapa lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Bayan beberapa waktu lalu. ”Kondisi PAUD yang saya kunjungi masih butuh tambahan sarana maupun prasarana seperti RKB (ruang kelas baru),” ujar Najmul saat menghadiri Jambore PTK PAUD se-Lombok Utara, Rabu (28/12) lalu.

Untuk itu, Najmul meminta dinas terkait agar mendatangi dan mengecek langsung satu per satu PAUD yang ada di Lombok Utara. Jika memang ada PAUD yang membutuhkan tambahan dari sisi fisik seperti RKB maka harus segera didata dan ditindaklanjuti. ”Saya harap ini bisa jadi perhatian dalam APBDP 2017 atau murni (APBD) 2018 mendatang,” katanya.

Lebih lanjut, Najmul mengungkapkan, pemda berkeinginan memberikan perhatian yang maksimal untuk sektor pendidikan. Sehingga pemda mencanangkan satu program yakni membangun pendidikan secara berkeadilan. Ini untuk menghilangkan hal-hal yang menjadi dikotomi antara sekolah negeri dan swasta. Untuk itu pada 2017 program ini akan dimplementasikan. ”Saya lihat di APBD (2017) untuk pembangunan RKB mayoritas kepada sekolah swasta,” ungkapnya.

Namun ini bukan berarti pemda berlaku tidak adil kepada sekolah negeri. Tetapi berdasarkan pemetaan SPM terakhir, sekolah negeri masih memiliki RKB yang mencukupi. Sehingga pemda memprioritaskan sekolah swasta yang masih memiliki fasilitas minim.

Terkait Jambore PTK PAUD Lombok Utara 2016, Najmul berharap melalui kegiatan ini banyak hal produktif yang bisa dihasilkan. Bila perlu hasilnya teruskan ke pemerintah dalam bentuk rekomendasi.

Sementara itu, Kepala Dikbudpora Lombok Utara Suhrawardi menjelaskan Jambore PAUD ini merupakan agenda tahunan. Dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan.

Selain itu, dalam Jambore ini juga akan disosialisasikan kembali ke khittah pendidikan di lingkungan PAUD. Penguatan yang disosialisasikan secara dua arah, dari pengalaman guru PAUD yang berada di bawah yayasan atau ponpes bisa dikomunikasikan ke seluruh tenaga pendidik. ”Pada usia dini inilah usia paling bagus untuk menanamkan landasan fundamental terhadap nilai-nilai ahlakul karimah,” pungkasnya. (puj/r7)

 

 

http://www.lombokpost.net/2016/12/30/2017-sekolah-swasta-mendominasi/

Komentar atas 2017 Sekolah Swasta Mendominasi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Rempek

tampilkan dalam peta lebih besar